Rabu, 10 September 2014

Aku Sengsara Karena Judi

 
Hoi Zev, AsMod en KoKiers.
Membaca kasus sepuluh anak yang terjerat judi jadi inget masa laluku, waktu jadul aku juga suka main judi. Dari yang tadinya cuman iseng-iseng  sama  temen main capsa atau angtiam ditempat-tempat kost. Akhirnya jadi kecanduan sampe nggak tidur suka begadang, bisa dua hari tiga malam gak tidur. Belum asap rokok dikamar kost itu, aku sih gak ngerokok tapi teman-temanku pada ngerokok semua.
Sampai aku menikah baru aku berhenti main judi, tetapi  akhirnya aku berubah main Ta-siauw (bener gak nulisnya) yaitu main kuda Singapore besar kecil (Ta=Besar dan Siauw=Kecil). Itu juga iseng cuman ikut-ikutan temen sama tentanggaku aja, pertama aku cuman masang  lima puluh ribu, naik jadi pasang seratus ribu, karna menang terus dan  naik lagi sampai lima ratus ribu, naik lagi satu juta yang paling parah akhirnya aku berani pasang sampai jutaan bahkan puluhan juta.
Gampang sih cuman ngomong lewat telefoon aja, uang belakangan, jadi saking nafsu dan keenakan malah kecanduan, sampai akhirnya aku kalah puluhan juta dan nggak bisa bayar. Yang ada aku di udak-udak bandar.. hahaha..
Kalau udah begitu mertuaku suka bayarin aku karna dia takut aku bakal berantem sama suamiku… eits… bukan aku saja yang gila kuda Singapore ini, tapi satu keluarga  dari suamiku lho sampai kakak iparku suami istri. Juga mertua ku suka pasang kuda Singapore ini.
Inget nggak aku kan pernah menulis artikel tentang “Mimpi” waktu tahun 80an aku selalu mimpi dan selalu tepat mimpiku. Kalau yang mau keluar angka besar atau kecil aku selalu tepat mimpinya. Tetapi lama-lama ternyata ada batas waktunya juga mimpiku malah gak pernah  jitu lagi. Di saat aku bener-bener lagi nafsu dan udah kecanduan main kuda Singapore itu.
 
 
Pernah aku kalah main kuda Singapore dan aku udah nggak bisa (mau) bayar lagi karna puluhan juta (biar ada uang sayang juga.. hahaha) aku kalah dan bandarku mundar-mandir aja kerumahku nagih.. hahaha…Akhirnya aku kasih Ikan Arwana aja deh berikut aquariumnya (waktu itu ikan arwana lagi mahal-mahalnya), karna suamiku dan mertuaku udah gak mau bayarin aku lagi, aku sudah kebanyakan kalah. Malah pernah hampir saling pukul sama bandar di dalam rumah… duuh ... Kalau inget kelakuan.. hiks
Karna sudah terlalu banyak kalah bukan berhenti malah makin nafsu aja pengen mengembalikan uangku yang sudah hilang banyak, aku pasang diam-diam tanpa setahu suami dan mertuaku.
Aku pasang lagi pindah bandar, kan banyak tuh bandar yang aku kenal, malah ada temanku yang tadinya cuman pemasang jadi bandar kuda Singapore ini. Aku pasang makin menjadi-jadi, makin berani sampai satu rumah harus aku jual. Kebetulan aku punya rumah dan rumahku itu aku bikin tempat kos-kosan…Yaa udah deh lewat  harus dijual daripada di udak-udak bandar hutang judi. Apalagi ada bandar yang pake tukang tagihnya galak banget bawa beceng waktu itu.
Sampai sama teman baik dan saudara gara-gara judi ini sampai jadi musuh dan berantem. Gimana nggak mau musuh dan berantem, soalnya kadang kita nih pasang  kuda Singapore dijadiin satu, suka nitip. Naah... kalau kalah yang satu susah bayar, sedangkan bandar tahunya satu orang itu aku, karna dia (teman, saudara) nggak kenal bandar itu jadi numpang namaku otomatis aku jadi yang di udak-udak bandar.
Kalau pasangnya kecil sih nggak kenal juga bandar biasa mau nerima, cuman kalau udah puluhan juta mana mau terima kalau nggak kenal deket. Kadang nih buat mencari kepercayaan bandar itu aku suka pasangan gini misalkan di bandara lain aku pasang ”siauw” lima juta di bandar lain aku pasang  “tah” sepuluh juta… Naah.. kalau salah satu kalah aku bisa dapet uang kadang juga nombok, itu sengaja aku pasang gitu buat pertama  cari kepercayaan bandar aja, biar suatu saat aku bisa pasang  puluhan juta dia percaya.Yang ada malah jadi kelilit dan kebelit…hiks karna  kebanyakan kalah.
Sewaktu aku pulang ke Indonesia aku melihat ponakanku anaknya bekas kakak iparku main judi bola sampai  lima ratus juta. Aku kaget banget anak itu baru juga umurnya 23 tahun…ck..ck.. Udah berani main sampai gede2an gitu akhirnya kalah, yang ada ortunya kelabakan deh ngebayarin.
Tahun berikutnya aku  lihat ponakan yang itu juga sudah naik BMW sendiri dan aku tanya ke kakak iparku “apa dia beliin mobil anaknya”, jawab kakak iparku “kalau anaknya itu menang  judi dan temannya kalah nggak bisa bayar jadi dikasih mobil”, katanya ..ck..ck..ck.. Busyet deh anak masih umur duapuluhan pada main judinya udah ratusan juta.
Ternyata yang namanya judi ini memang bikin sengsara orang, aku ngobrol dengan collegaku orang Vietnam dia saudaranya bunuh diri gara-gara kalah judi di Vietnam sampai bangkrut rumah dan perusahaannya dibikin taruhan..ck..ck.. Dan memang banyak kok kenyataan orang sengsara dan menderita karna judi apalagi kalau sudah musim pertandingan bola, pasti ada saja yang mati bunuh diri karna judi bola ini.
Aku bersyukur deh anak-anak ku gak ada yang gila judi, kadang aku mikir seandainya anakku di Indonesia mungkin gila judi juga, soalnya memang satu keluarga dari suamiku memang suka main judi. Aku bisa bilang begitu karna contohnya ponakanku juga gila judi padahal masih anak-anak.
Ok, KoKiers hindari lah yang namanya judi karna bisa membawa sengsara pan ada lagunya ”Aku sengsara karena judi”
Groetjes
L.R.D
(http://202.56.162.70/baca/artikel/8/784/aku_sengsara_karena_judi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar