Selasa, 18 Agustus 2015

Adu Jangkrik, Adu Kumbang Sumo

Krik… krik… krik bunyi jangkrik beradu mengerik di rumah anak-anak Indonesia. Ngung…  Ngung… Ngung  bunyi kumbang bergulat sumo di rumah anak-anak Jepang. Anak-anak di dunia suka main serangga yang unik. Kenapa mereka suka serangga, ya?
kandang jangkrik
Anak Indonesia suka mencari jangkrik. Jangkriknya dipiara di kandang bambu yang bagus. Foto: Johanna Ernawati
Adu Jangkrik di Indonesia
Jangkrik (Gryllus assimilis ) sebenarnya tinggal di alam bebas. Namun, pada waktu musim kemarau, anak-anak Indonesia mencari jangkrik di sela-sela rerumputan yang basah oleh embun. Tangkapan jangkrik lalu dipelihara dalam kandang bambu yang mungil.
Ssst, anak-anak Indonesia suka menyimpan kandang jangkrik itu di kamarnya, lo. Jangkrik itu diberi makan potongan mentimun atau rumput. Supaya mengerik, kaki jangkrik suka digelitiki pakai tangkai rumput. Krik…  Krik… Krik. Bunyinya ramai sekali. Konon, jangrik yang berbunyi nyaring adalah jangkrik jagoan dan menangan jika diadu. Wah, anak-anak Indonesia bersorak sorai saat jangkrik beradu dan mengerik. Siapa paling keras mengerik, dia yang menang.
Gulat Sumo Kumbang di Jepang
Sementara itu, anak-anak Jepang sibuk menangkap kumbang ketika musim panas tiba.
Mereka mencari kumbang yang hinggap di pepohonan. Kumbangnya berwarna hitam dan bertanduk kokoh. Mirip robot yang keren, deh. Kumbang keren ini disebut sebagai kumbang badak atau rhinoceros beetle .
adu kumbang
Lihat, kumbangnya mirip petarung sumo. Foto: Istimewa
Hmm, anak-anak Jepang senang sekali jika berhasil menangkap kumbang badak. Kumbang badak itu jadi piaraan kesayangan selama musim panas. Ssst, mereka juga suka mengadu kumbang-kumbang badak, lo. Saat diadu, kumbang badak bergulat seperti sumo. Seru sekali!
Banyak anak di dunia suka bermain dengan serangga. Karena serangga punya tubuh yang ajaib dan tingkah laku yang lucu. Serangga apa yang jadi mainan kesayanganmu?
(Johanna Ernawati)
Narasumber: Rosichon Ubaidillah. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar